Minggu, 17 Juli 2016



Membangun Pondok Daud.

1 Tawarikh 16:1 (TB)  Tabut Allah itu dibawa masuk, lalu diletakkan di tengah-tengah kemah yang dipasang Daud untuk itu, kemudian mereka mempersembahkan korban bakaran dan korban keselamatan di hadapan Allah.





Membangun Pondok Daud.

1 Tawarikh 16:1 (TB)  Tabut Allah itu dibawa masuk, lalu diletakkan di tengah-tengah kemah yang dipasang Daud untuk itu, kemudian mereka mempersembahkan korban bakaran dan korban keselamatan di hadapan Allah.

Membangun Pondok Daud. 1 Taw 16:1.

A. Kontroversi pondok Daud.

Pernahkah kita berpikir tentang pondok Daud? Kalau kita menyimak pembacaan firman Tuhan melalui nabi Amos dikatakan bahwa
- pondok Daud akan dibangun kembali oleh Tuhan.
- Tuhan akan menutup pecahan dinding pondok Daud.
- Tuhan akan membangun kembali reruntuhan pondok Daud.

Pondok Daud itu hanya pada jaman Daud ada kemah yang isinya ada tabut di dalam kemah transparan yang ditutupi kelambu dan bisa dilihat oleh banyak orang.

Masalahnya kita bertemu dengan nabi Amos dan disampaikan ulang oleh para rasul Yesus Kristus yang mengatakan bahwa pondok Daud telah runtuh dan dindingnya telah pecah. Amo 9:11; Kis 15:16.

Apakah maksudnya ini?

Sebelum kita sampai pada pembahasan nabi Amos hingga para rasul Yesus Kristus yang menubuatkan tentang pondok Daud maka kita akan belajar sejarah hingga pondok Daud akan terbentuk.

B. Arti pondok Daud.

Pondok Daud ialah doa pujian penyembahan bersama-sama dalam kesatuan siang maupun malam dan melakukan kehendak Tuhan pada jamannya.

Kita akan belajar apakah pondok Daud.

Amos 9:11 (TB)  "Pada hari itu Aku akan mendirikan kembali pondok Daud yang telah roboh; Aku akan menutup pecahan dindingnya, dan akan mendirikan kembali reruntuhannya; Aku akan membangunnya kembali seperti di zaman dahulu kala,

Pada waktu para rasul sidang gereja global pertama kali di Yerusalem ternyata firmanNya diberitakan kembali melalui perjalanan pelayanan rasul Paulus bahwa pondok Daud adalah pondok yang diinginkan atau dikehendaki Tuhan bagi gerejaNya dan bagi dunia. Kis 15:16.

C. 3 tahap pondok Daud.

Nabi Amos bicara kepada bangsa Israel bahwa Tuhan akan mendirikan kembali pondok Daud yang telah roboh. Pondok Daud hanyalah kemah maha suci tempat tabut Tuhan. Nah, masalahnya adalah ternyata pondok Daud ini memiliki pecahan dinding artinya pondok Daud ini bukan lagi bentuk kemah melainkan sudah bangunan yang memiliki tembok-tembok batu permanen.

Pondok Daud manakah yang dimaksud oleh nabi Amos?

1. Pondok Daud 1.

Pondok Daud yang pertama adalah pondok Daud jaman raja Daud. Hanya ada kemah maha suci dan di dalam tabut Tuhan Israel. Bagian kemah suci ritual ada di bukit Gibeon. 1 Taw 16:1.

2. Pondok Daud 2.

Pondok Daud kedua adalah jaman raja Salomo. Pondok Daud jaman raja Salomo sudah menjadi bangunan permanen sehingga disebut dengan bait suci raja Salomo dan  Nabi Amos menubuatkan bahwa pondok Daud runtuh. Kenapa bait suci Salomo dikatakan adalah pondok Daud kedua? Karena bait suci raja Salomo telah dilengkapi dengan doa pujian penyembahan, nyanyian Mazmur, nyanyian profetik, nyanyian rohani, alat-alat musik yang dikuduskan untuk Tuhan.

Bait suci raja Salomo dihancurkan oleh raja Babel tahun 586 SM. 2 Taw 36:18, 19. Bait suci raja Salomo yang adalah pondok Daud kedua dihancurkan karena bangsa Israel tidak taat kepada Tuhan dalam kasih karuniaNya yang berlimpah atas bangsa itu. 2 Taw 36:1-21.

3. Pondok Daud 3.

Nabi Amos hidup jaman raja Uzia. Nabi Amos berbicara tentang akan adanya pondok Daud yang didirikan di atas bangunan pondok Daud yang telah roboh. Amo 9:11.

Ajaib. Nabi Amos sudah menubuatkan ratusan tahun sebelumnya bahwa bait suci raja Salomo akan hancur bahkan akan didirikan kembali bait suci kedua yang menjadi pondok Daud ketiga. Nabi Amos lahir tahun 850-an SM dan ia meninggal tahun 745 SM. Bait suci hancur tahun 586 SM.

Sewaktu bangsa Israel keluar dari Babel 520-512 SM yang dipimpin oleh Zerubabel dan imam besar Yesua maka Tuhan memerintahkan nabi Hagai untuk menyampaikan pesan Tuhan pada Zerubabel untuk membangun rumah Tuhan, yaitu bait suci bagi Tuhan.

Zerubabel bersama pejabat minuman raja Media Persia yaitu Nehemia dan imam besar Yesua bersama-sama membangun bait suci kedua. Ez 3:8 Neh 10-12; Hag 1:14; 2:23; Za 4:9.

Pondok Daud ketiga adalah bait suci kedua dibangun pada masa Zerubabel. Imam Ezra yang adalah ahli Kitab membantu Zerubabel untuk memberi pengajaran Tuhan atau Torah kepada bangsa Israel. Neh 8.

Bait suci jaman Zerubabel dikatakan sebagai pondok Daud yang sebenarnya karena disertai doa pujian penyembahan dan pertobatan sejati massal bangsa Israel di hadapan Tuhan.

Tuhan benar-benar memfokuskan diri pada bait suci zaman Zerubabel sebagai pondok Daud ketiga sekalipun dikatakan bahwa bait suci direnovasi jaman raja Herodes dengan teknologi dan peradaban kerajaan Roma yang lebih megah. Tuhan tidak begitu tertarik dengan renovasi bait suci raja Herodes tapi Dia lebih menyukai pondok Daud bait suci jaman Zerubabel terbukti dari ditulisnya Zerubabel dengan begitu dramatisnya dalam Kitab-Kitab Ezra, Nehemia, Hagai, Zakharia selain namanya ditulis pula dalam berbagai Kitab lain yang hanya menulis namanya sekilas dalam Kitab-Kitab Tawarikh, Matius dan Lukas.

Kenapa Tuhan Yesus datang justru di bait suci jaman raja Herodes?

1. Untuk menyelamatkan manusia seutuhnya. Rom 3:24.

2. Untuk menyiapkan tempat di Surga bagi tiap orang percaya saat Yesus telah naik ke Surga. Yoh 14:3.

3. Untuk membaptis dengan Roh atas orang-orang percaya. Luk 3:16; Kis 2.

4. Untuk membangun pondok Daud dalam kehidupan orang percaya. Kis 15:16.

D. Pondok Daud masa kini.

Bila dikatakan pondok Daud masa kini artinya ini adalah pembangunan pondok Daud secara rohani.

Dalam pondok Daud yang dikatakan oleh nabi Amos dan disampaikan kembali oleh para rasul maka pondok Daud yang dimaksud adalah pondok Daud jaman Zerubabel.

1. Halaman atau pelataran suci.

a. Mezbah.

- mezbah korban penghapus dosa. Meminta pengampunan dosa lewat wafatnya Yesus di kayu salib. Yoh 1:9; Ef 1:7.
- mezbah korban keselamatan. Menerima Yesus sebagai Tuhan di hati kita sehingga kita diselamatkanNya bukan karena perbuatan kita melainkan karena iman. Rom 10:9.
- mezbah korban bakaran. Kasih mula-mula (mengasihi Tuhan dan mengasihi sesama) dan perbuatan baik. Why 2:4; Mat 22:37-40; Gal 6:9, 10.
- mezbah korban sajian. Memberi pada Tuhan, memberi pada orang miskin, memberi persepuluhan dan persembahan khusus. Mat 25:34-40; Mal 3:8-12.

b. Bejana pembasuhan.

Baptisan air. Mat 28:19; Luk 3:21.
Pujian. Maz 100:4; 22:4

2. Ruang suci.

a. Kaki dian. Penyembahan dan pengagungan melalui tari-tarian profetik, nyanyian pujian, Mazmur dan nyanyian rohani atau bernyanyi dalam Roh atau bernyanyi dalam bahasa roh. 1 Taw 13:8; Kel 33:10; Im 9:24; 1 Taw 16:29; 2 Taw 7:3; Maz 96:9; 99:5; 99:9; Ef 5:19; Kol 3:16.

Kita perlu mengerti bahwa kaki dian menjadi lambang negara Israel artinya bahwa kaki dian adalah suatu hal yang sangat penting dan harus ada dalam hidup orang percaya terlebih gereja Tuhan.

b. Meja roti sajian. Tiap hari memegang janji Tuhan. Yos 1:8.

c. Mezbah dupa. Doa. Yak 5:16.

3. Ruang maha suci.

a. Pergaulan yang kuat dengan firman Tuhan setiap hari dan deklarasi iman. Maz 1; Ibr 4:12.
b. Penuh Roh Tuhan: dengan iman merasakan kepenuhan hadirat Tuhan, urapan, bahasa roh. Kis 2:4.
c. Penyataan perkenanan terbaik dari Tuhan dengan menyatakan iman secara jelas terlihat dalam hidup sehari-hari kita dalam bentuk:

- 9 buah Roh. Gal 5:22, 23.
- 9 karunia Roh. 1 Kor 12:7-11.
- 5 karunia jawatan. Ef 4:11.
- 7 karunia motivasi. Rom 8:6-8.
- mujizat-mujizat. Kis 2.
- jadi berkat bagi banyak bangsa. Kej 27:29.
Tergenapinya Kitab Ulangan 28:1-14.
- diangkat di atas segala bangsa.
- selalu mendapatkan kemenangan demi kemenangan.
- perlindungan sempurna, pemeliharaan dan pertambahan dalam segala bidang.
- menjadi umat Tuhan yang kudus di atas segala bangsa.
- kelimpahan dalam tiap pekerjaan, kelimpahan dalam tiap usaha, kelimpahan dalam tiap bentuk tabungan apapun, kelimpahan dalam tiap keturunan, kelimpahan dalam tiap keluarga orang percaya, kelimpahan dalam tiap pelayanan.
- memberi pinjaman (bahkan hingga kelak ke bangsa-bangsa).
- menjadi tetap naik dan bukan turun. Menjadi kepala dan bukan ekor.

Pesan-pesan Tuhan dan kehidupan Ilahi berada dalam ruang maha suci yang menjadi manifestasi atau penyataan kemurahan dan kebaikan Tuhan yang selalu surplus, kasih karunia berlimpah dan perkenanan Maha Tinggi dari Tuhan Yesus bahwa Dia menyertai kita dalam hidup kita agar kita menjadi berkat dan menjadi alatNya untuk membawa banyak bangsa dan membawa banyak orang datang pada Yesus dalam kasih karunia pengorbanan Yesus di kayu salib dalam kematianNya dan kebangkitanNya yang telah melunasi semua kutuk, menghapus semua dosa, membenarkan hidup kita, menyelamatkan kita secara pasti ke Surga, memberi hidup yang berlimpah-limpah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar